7 Desember 2012

LIKA-LIKU KEHIDUPAN

Selamat siang. Selamat hari jumaaaat \:D/.

Kali ini gue akan memposting lika-liku kehidupan gue mulai dari gue masih kecil tentunya.

Yap gue itu anak bungsu dari 4 bersaudara, terlahir dari keluarga yg gak kaya alias sederhana. Gue itu gak pernah TK, sempet malu pas SD ditanya "TK dimana?" gue cuma bisa jawab "aku gak TK aku langsung SD :(", jadi gak tau kan tuh gimana rasanya main perosotoan, ayunan, di area sekolah TK bareng temen2 TK yg masih imut-imut.
Ya masalah itu lupakanlah, gak begitu penting kayaknya haha.

Lanjutlah perjalanan SD gue, gue bersekolah di SD yang TERKENAL se-komplek SANDANG Rawabelong -_- namanyaaa "SD Negeri Palmerah 19", sewaktu SD gue itu lumayan terkenal loh hahaha *pd banget* jaman SD dulu gue selalu peringkat teratas, ya peringkat terjelek gue waktu SD itu cuma ranking 2. Waaaw *belagu dikit*. Tapi ada pertanyaan yang selalu muncul di benak gue, "Dapet ranking itu istimewa, tapi kenapa ya gak pernah sedikitpun dapet hadiah dari ortu gue" yaaa maklumlah saat itu gue belum dewasa, ya iyalah namanya juga masih SD hahaha.

Saat kelulusan SD tiba, gue tetep ngotot mau sekolah di SMP favorit!! Walaupun nyokap ngelarang gue, karna apa? Karna gue ini cuma orang miskin yang gak mungkin bisa bayar di sekolah mahal dan ayah guepun hanya bekerja sebagai seorang supir. Ya bisa makan aja udah alhamdulillah.

Dan gue tetep nekat memasukan SMP-SMP favorit di Jakarta Barat dalam daftar sekolah pilihan saat general test dilakukan. Saat itu gue memilih SMP sbb :
1. SMPN 111 Jakarta Barat
2. SMPN 127 Jakarta Barat
3. SMPN 88 Jakarta Barat
Dan Alhamdulillaaaah, setelah ada pengumumannya, ternyata yeeeay gue lolos di SMP pilihan pertama. Di SMP 111 :D
Pertama kali masuk SMP ini, gue ngerasa minder banget :(, karna mereka yg lainnya itu dari kalangan menengah ke atas, gak kayak gue. Setelah masuk sini barulah gue kepikiran "uang gedung sama bayaran gimana ya?" Nyokap guepun menghadap ke Komite Sekolah yang bernama Pak Marhusaini yang kebetulan juga adalah Ketua RW di deket rumah gue hehe Allah memang Maha Baik, segalanya dimudahkan :D, ya akhirnya gue cuma bayar 300 ribu karna beliau (komite sekolah) mengetahui keadaan ekonomi keluarga gue :D. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar...

Oh iya waktu gue SD kelas 6, kalo gak salah uang jajan gue itu 3 ribu. Pas pertama masuk SMP gue dikasih uang jajan 5 ribu waaaah seneng banget gue uang jajan gue naik 2 ribu:D. Tapiiii, setelah gue merasakan yang namanya ISTIRAHAT hari pertama MOS, disaat itu juga gue ngerasa kalo uang jajan gue pas kelas 6 itu jauh lebih gede drpd pas gue SMP :(. Kenapa begitu? Ya karna jajanan di kantin SMP mahal-mahal, dan gue selalu cari jajanan yang sekiranya gak lebih dari 3 ribu supaya ada pegangan 2 ribu buat pulang sekolah. Sedih bgt rasanya tiap ke kantin cuma bisa jajan makanan yg gak ngenyangin dan cuma bisa liatin temen2 makan mie jimmy yg saat itu menurut gue harganya mahal bgt :(. Gue jaraaaang bgt makan makanan yg ngenyangin di sekolah, ya paling kalo gue udah laper bgt bgt deh baru gue berusaha untuk makan yg ngenyangin tapi gak lebih dr 5 ribu atau enggak ditambahin sama temen deket gue si Irda, dia baik bgt royal orangnya hihi. Sedih banget kalo inget itu :').
Dan saat gue kelas 3 ada kejadian yg bikin keluarga gue terpuruk. Saat itu ayah gue mengalami kecelakaan truk, alhamdulillah bokap gak kenapa2 cuma diurut dan nunggu waktu beberapa minggu untuk sembuh. Tapi dari situ juga bokap berenti kerja, Yaa Allah semakin miskin sajalah keluargaku huhu.
Dan FAKTA yg bikin gue sedih itu adalah nyokap berusaha cari uang untuk biayain gue dan kakak gue sekolah dengan cara jadi tukang ojek/antar jemput anak SD. Gue suka mikir "Ya Allah kenapa aku gak terlahir kaya kayak temen2?" husssh gak blh ngomong gitu lagi yah mayang :').

Dan sampai tiba kelulusan SMP, gue mau banget masuk SMA Favorit yang adanya di belakang SMP gue, SMA 78, berharap bisa berkata "jupaaaaaaaaaan I'm coming" hiks tapi gagal. Ya gak perlu gue sebutin pasti semua pada tau alesannya. Karna gak akan mungkin bisa ngebiayain sekolah di sekolahan favorit kayak 78. Dan akhirnya gue disuru nyokap buat sekolah di SMK. Yaudah akhirnya gue memilih SMK sbb:
1. SMK 13 Jakarta Barat Jurusan Akuntansi
2. SMK 45 Jakarta Barat Jurusan Akuntansi
3. SMK 17 Jakarta Barat Jurusan Akuntansi
Padahal saat itu SMK 45 itu urutan SMK No. 1 se Jakarta Barat, berhubung dari rumah gue ke Kampung Baru itu naik angkot jadi gue memutuskan untuk tidak memilih SMK 45 di pilihan No. 1, karna gue gak berani naik angkot hahaha. Diantara ketiga SMK pilihan gue ya cuma SMK 13 yang gak perlu naik angkot buat kesananya, karna SMK 13 itu adanya di deket SD gue hahaha. Dan kenapa semuanya adalah Akuntansi? Ya karna gue emang seneng banget ngitung hehehe gue juga kurang tertarik untuk milih jurusan lain.
Saat hari pertama masuk SMK, uang jajan gue naik 3 ribu loh dari sebelumnya 5 ribu jadi 8 ribu :D. Alhamdulillah sekali sesuatu Yaa Allah :D. Dan pas ke kantinnya juga gue gak kaget, karna makanan di kantin sini emang murah2, balik lg deh rejeki gue seperti di jaman SD :D malah sering ada sisanya loh hehehe.
Di hari ketiga MOS gue terpilih sebagai RATU MOS SMK 13 Tahun Ajaran 2008-2009 senangnyaaa dipakein mahkota walaupun mahkota dr daun-daun ;;).
Terima kasih yaa allah telah menjadikanku predikat terbaik putri MOS di sekolah *haha lebay*.
Pas di 13 ini gue ngerasa banyak perubahan hahaha
1. Uang jajan nambah
2. Pertama kali lg ngerasain punya rambut panjang setelah terakhir panjang itu kelas 1 SMP (pas MOS)
3. Lumayan aktif di sekolah
4. Nambah gila ketawa2 mulu hahaha
5. Jadi lumayan terkenal :p *haha pd gila*
Setelah kelulusan gue mendapatkan nilai sempurna Matematikaaaa huaaaa terharu saat itu :'). Seneng bgt dapet nilai 10 Matematika dan berharap bisa dapet beasiswa universitas Mercu Buana. Ternyata gue cuma geer aja, gue pikir saat wisuda Pak Kepsek ngasih gue map sekolah kosong bakalan diisi sama selebaran pemberitahuan beasiswa ternyata salaaaaaaah :'( ternyata isinya adalah uang sejumlah 150 ribu, yaa alhamdulillah buat tambahan perpisahan ke Puncak :).

Saat itu di sekolah juga lg banyak perekrutan calon pegawai dari mulai SPG sampe Karyawan kantoran. Disini gue bener2 berharap supaya gue bisa lolos untuk jadi karyawan kantoran, tapi cuma ada 1 yang nerima gue LANGSUNG jadi karyawannya, namanya Pak Deki, Pak Deki ini cuma nyuru kita (gue dan peserta rekrut lainnya) untuk test ngetik di Ms. Word dan ketika semua pulang cuma gue yg gak boleh pulang karna gue mau diinterview lebih lanjut hahaha seneng sih tp gak tertarik sama kerjaannya. Sampe sampe setelah nganggur beberapa minggu akhirnya Kakak kelas dari SD SMP SMK sekaligus tetangga gue yaitu Kak Sri, menawarkan gue buat kerja di kantornya dia di Fatmawati, yasudahlah saat itu gue kerja bareng Kak Sri dan gak bertahan lama, cuma 1 setengah bulan hehe.

Saat bulan Puasa 2011 gue nganggur dan gue ngerasa berdosa bgt sama nyokap karna nyokap harus ngeluarin biaya lg untuk makan karna gue dan kakak gue nganggur di waktu yang bersamaan, saat itu gue sms Pak Deki yg waktu nerima gue jadi karyawannya, dan akhirnya gue disuru dateng besokannya ke Univ. Trisakti Grogol dan ditemenin sm sepupu gue (Feby) yg kebetulan emang kuliah di Trisakti. Saat itu gue bener2 minder, kalo sampe gue keterima untuk kerja disana, karna gue mikir "yah gak ah, gue malu soalnya disini kan kampus elit, trus mahasiswanya juga elit, nah gue? udah bukan mahasiswa disini cuma numpang kerja pula" hikss ya maklum gue emang orangnya gampang minder deh -_-. Kira-kira satu jam di Triskati, gue terus mikir untuk ikut test+inteview atau enggak yah karna Pak Deki trus telponin gue. Yaudah dgn bodohnya gue memilih untuk gak ikut test+interviewnya. Dan pas sampe rumah gue bohong sama nyokap gue bilang "mah, ntar diterima atau enggaknya liat seminggu kedepan, kalo ditlp berarti diterima kalo enggak ya berati belum rejeki" merasa berdosa sekali Ya Allah :"".

Setelah seminggu kemudian nyokap nanya ke gue "gimana Pak Deki udah tlp belum?" trus gue jawab "nggak ditlp sama skali mah, mungkin emg gak diterima kali" kata nyokap "yaudah gpp mungkin emg belum rejeki" huhu gak enak bgt boong begitu.
Perjalanan berlanjut mencari pekerjaan :D. Dan taraaaaa berhentilah gue di tempat yg paling aman dan nyaman di Jakarta ini yaitu Meruya hehe. Di kantor ini gue ngerasa nyaman bgt sama pekerjaannya dan orang2nya. Oh iya belakangan ini gue ngerasa boros bgt, dan harus nyisihin buat semesteran kuliah. Karna gue mau nantinya gue dapet pekerjaan yg lebih dari skrg ini, gue pgn terus bisa bahagiain ortu gue terutama nyokap gue. Gue mau bales jasa-jasa mereka, karna dgn gue kuliah seenggaknya nantinya gue akan bisa dapet pekerjaan yg penghasilannya bisa gue jadiin modal usaha, moga2 aja bisa berangkatin haji ortu. Aamiin Yaa Allah.

Dan sekarang gue berpikir, "Terima kasih Yaa Allah, walaupun aku dilahirkan dari keluarga yg sederhana, tapi aku bersyukur memiliki keluarga seperti keluargaku, memiliki teman-teman yang mempedulikanku, dan tau bagaimana caranya memperoleh rejeki yang kau berikan itu tidaklah gampang, harus selalui disertai usaha dan doa"

Jagalah orang-orang yang aku sayangi dimanapun mereka berada, kapanpun itu, lindungi mereka Yaa Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar